Jelatang atau sebagian orang mengenalnya sebagai Jalong  atau Lateng Merupakan tumbuhan liar yang masuk dalam kategori rumput - rumputan. Jelatang atau dalam bahasa ilmiah Toxicodendron radicans Dikenal memiliki senyawa racun yang terdapat pada bulunya. Jelatang memiliki kandungan asam format dan histamin yang dapat menyebabkan nyeri dan gatal - gatal jika bersentuhan dengan kulit manusia baik batang maupun daunya. Selaian tumbuh liar banyak juga varian jelatang yang sengaja di jadikan tanaman hias di taman halaman dan teras rumah karena memang ada beberapa jenis jelatang yang memiliki penampilan cantik untuk di jadikan tanaman hias. 

Namun bukan berarti jelatang tidak memiliki manfaat lain selain sebagai tanaman hias, Pada beberapa tahun terakir banyak para pakar pengobatan tradisional ternyata memanfaatkan Tanaman beracun itu sebagai tanaman obat yang dapat mengobati penyakit anemia, artritis ( gondong ), gout, sakit otot, nyeri sendi, rhinitis alergi, infeksi saluran kencing, gigitan serangga dan tendonitis. Selain berguna sebagai obat, di daerah pedalaman pulau bali jelatang juga sering di gunakan warga sebagai tanaman pagar pada kebun mereka, Dengan memanfaatkan racun yang di kandungnya sebagai penghalau dari para pengganggu dan pencuri hasil kebun.
Sekarang keputusan ada di tangan anda sendiri. tetap ingin menjadikan Jelatang sebagai tanaman hias rumah atau membuangnya jauh demi keamanan anak anak kita. Atau bahkan membudiyakan Jelatang untuk di gunakan sebagai tanaman obat. Baca juga artikel tetang tanaman dan bunga hias beracun lainya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top