Image Source : Portal Indonesia
Meriam bambu merupakan salah satu permainan yang sangat populer di era tahun 70 -90an, Permainan yang di kenal dapat mengeluarkan suara yang sangat menggelegar. Meriam bambu terbuat dari bambu betong atau pring petung ( jawa) dan minyak tanah sebagai bahan bakarnya.

Dahulu meriam bambu sering di mainkan anak - anak pada bulan puasa atau bulan ramadhan. mereka biasanya memainkan meriam bambu pada sore hari secara bersama - sama di lapangan atau ladang sambil menunggu tanda berbuka puasa datang.

Namun di masa modern keberadaan meriam bambu mulai langka. Selain banyaknya permainan modern yang sekarang lebih asik untuk di maikan, juga karena bahan baku untuk pembuatan meriam bambu sekarang sekarang sangat sulit untuk di dapatkan, kalaupun ada kita harus membeli dengan harga yang relatif mahal, Berbeda dengan jaman dahulu dimana kita masih bisa mengambil bambu dari pekarangan sendiri. Keberadaan bambu betong kini sudah mulai punah dari pekarangan warga kampung. Untuk mendapatkan Bambu betong kita hanya mengandalkan penjual penjual bambu, atu harus mencari jauh ke hutan pinggiran dan lereng - lereng gunung yang masih alami.

Pembuatan Meriam bambu juga terbilang tidak begitu sulit. Kita tinggal menyiapkan bambu dengan ukuran panjan kira -kira 120cm dan memiliki diameter kurang lebih 15cm, kemudian kita lubangi ruas - ruas bambu yang berada di tengah bambu, Buat lubang sumbu di ujung belakan atas meriam dengan ukuran 1x2cm. dan meriam bambu pun siap digunakan untuk menghibur di waktu - waktu senggang. 

Bagai mana ? tertarik untuk membuat meriam bambu ? silahkan lihat cara membuat meriam bambu di artikel saya yang lain, Namun hati - hati karena meriam bambu memiliki suara yang terlalu keras, jadi kalian harus berhati terhadap lingkungan sekitar.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top