Warung hidup,istilah ini digunakan untuk perumapmaan segai warung yang ketika kita akan memanfaatkan sesuatu darinya kita tinggal memetik, Warung hidup adalah kebun kecil yang berada di lingkungan rumah, memanfaatkan lahan kosong yang berukuran tidak terlalu luas untuk menanam Sayur sayuran organik, Sayuran organik selain ditanam dilahan yang luas, dapat juga ditanam di dalam kecil seperti ember bekas cat. Karena tempatnya kecil dan lebih peraktis serta dapat diletakkan di lahan sempit, sayuran ini dapat dikomsumsi sendiri atau dijual. Tuh selain untuk konsumsi sendiri warung hidup juga bisa menjadi salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari, Karena warung hidup semacam ini bukan hanya sayurnya saja yang dapat kita jual, Kita juga bisa menjual sekaligus tempat atau media tanamnya. Jadi bagai mana ? berminat untuk membuat warung hidup di rumah anda ?. Apa lagi buat Anda yang baru saja menempati rumah baru, pasti masih banyak media tanam yang tersedia dari bekas pembangunan rumah baru kita, Seperti ember bekas cat dan ember bekas tempat campuran beton.

Membuat warung hidup di lingkungan rumah memiliki beberapa keuntungan di antaranya adalah, tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan dengan lahan sempit sekalipun kita sudah dapat membuat warung hidup dengan media ini, yang ke dua Mudah dalam pemeliharaan, karena hanya di tanam di dalam media yang kecil jadi tidak perlu terlalu banyak pupuk yang di butuhkan, Selanjudnya adalah Tidak mudah terserang hama atau penyakit karena kebun hanya bersekala kecil. Dan yang terakhir adalah kita dapat menanam beberapa jenis sayuran di satu lahan yag sama, tentu saja dalam media yang berbeda. Jadi kita bisa sedikit menghemat uang belanja kalo kita mampu menyediakan sayur -sayuran sendiri di rumah.

Selanjudnya adalah cara membuat atau proses pembuatan media tanam menggunakan ember bekas cat, Pertama bersihkan dahulu bagian ember sampai benar benar bersih tidak ada lagi sisa sisa cat yang masih menempel pada dinding dalam ember, Kemudian siapkan media tanam berupa Tanah, Pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, setelah media tanam selesai sekarang Siapkan benih sayuran yang akan kita tanam, Pemilihan benih sayura apa saja yang mau kita tanan dapat kita sesuaikan menurut kesukaan kita. Tentu saja dengan mempertimbangkan tempatnya, Benih tanaman kita dapat menggunakan biji berukuran kecil seperti selada, cabai, tomat, terung dan sawi. Nah sekarng kita tinggal menunggu biji - biji tersebut tumbuh antara 1 sampai 2 minggu, Setelah tanaman tumbuh kita tingga melakukan perawatan seperti membersihkan jika ada hama yang mencoba menyerang, di siram jika tanaman layu dan tambahkan pupuk jika tanaman terlihat kurang subur. Selanjudnya kita tinggal menuggu panen deh..

Mudah dan bermanfaat sekai bukan ? dari pada bekas ember tersebut menjadi sarang nyamuk mending kita gunakan untuk membuat warung hidup seperti di atas, Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.




0 komentar:

Post a Comment

 
Top