Memiliki rumah yang besar dan indah saja tidak cukup, Selain indah rumah juga harus sehat, Bahkan Rumah besar yang kita miliki sebagian besar masih jauh dari syarat rumah sehat yang harus kita penuhi, Apa saja yang menjadi alasan untuk rumah kita agar bisa di sebut segagi rumah sehat ?. Tentu saja rumah sehat harus memiliki syarat syarat sperti yang akan saya sebutkan di bawah ini .


1. Sirkulasi Udara cukup


Sirkulasi udara merupakan kebutuhan wajib di dalam rumah, Sirkulasi udara sangat di perlukan agar semua ruangan di dalam rumah tidak berbau tidak sedap karena udara yang ada di dalamnya tidak pernah berganti, Ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk sangat rentan dengan tumbuhnya bakteri - bakteri yang sangat merugikan, Maka dari itu di saat proses pembuatan rumah kita juga harus mempertimbangkan pembutan tempat untuk lancarnya proses sirkulasi udara seperti ventilasi dan jendela yang cukup.


2. Pencahayaan

Rumah yang sehat juga membutuhkan pencahayaan yang cukup, Dan kususnya cahaya matahi yang harus dapat masuk ke dalam ruangan rumah kita, Tanpa caha matahari yang cukup rumah akan menjadi lembab dan kondisi ruangan yang lembab dapat menyebabkan timbulnya pertumbuhan segala jenis penyakit.

3. Langit - langit pada atap


Rumah tanpa langit - langit sangat rentan dengan masuknya debu yang mengganggu, Banyaknya debu dapat menyebabkan penyakit flu dan sejenisnya, Langit langit berfungsi sebagai penahan debu yang masuk melalui sela sela genteng rumah.


4. Pembuangan sampah


Pembuagan sampah dan limbah keluarga juga harus ada di dalam lingkungan rumah, Dan untuk membuat tempat pembuangan limbah dan sampah hendaknya di pisahkan antara limbah organik dan non-organik, dan hendanya tempat pembuangan sampah terbuat dari bahan yang tertutup rapat, agar bakteri yang tumbuh di dalam tempat sampah tidak menyebar melalui udara.


5. Air bersih


Air bersih menjadi syarat wajib di dalam mewujudkan sebuah rumah sehat, Air bersih harus cukup untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga untuk minum, mencuci dan mandi, Air bersih sendiri harus tersedia di dalam rumah sehat sedikitanya 50 liter perhari untuk satu orang, Jadi kebutuhan Air bersih akan bertambah seiring bertambahnya anggota keluaga juga.


6. Lantai yang nyaman


Lantai yang nyaman juga menjadi penunjang utama terciptnya rumah sehat, Lantai yang nyaman bisa saja terbuat dari porselin, Beton , kayu atau keramik. Lantai yang sehat seharunya tidak lembab , tidak berair dan tidak berdebu,


Demikian penjelasan singkat enam syarat untuk terciptanya hunian dan rumah sehat, Karena di dalam kehidupan kesehatan adalah satu hal yang harus selalu kita jaga, Tanpa kesehatan tentunya kehidupan menjadi kurang berarti. itulah alasan kenapa kesehatan menjadi satu hal yang harus di prioritaskan, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan rumah sehat seperti di atas.





0 komentar:

Post a Comment

 
Top