Kalian pasti pernah atau bahakan sering melihat tanaman bunga seperti gambar di samping, orang orang jawa sering menyebutnya bunga "sri rejeki" atau di daerah lain orang menamai tanaman tersebut dumb cane, pisang tanah dll. 

Tapi taukah anda bahwa tanam bunga yang sering kita tanan di halaman atau teras rumah kita tersebut mengandung racun yang sangat berbahya. Tanamn yang memilki nama ilmiah atau nama latin Dieffenbachia amoena ini mengandung racun raphides pada getahnya dan calcium oxalate crystals pada daunya. dan kedua racun itu jika mengenai kulit kita dapat menyebabkan gatal - gatal dan bahkan pada saat tertentu dapat mengakibatkan kulit melepuh seperti terbkar.

Racun jenis raphides dan calcium oxalate crystals juga dapat meyebabkan kematian jika sampai tertelan. Jadi buat kalian yang sampai saat ini masih menanam tumbuhan tersebut di rumah segerahlah pindahkan dari jangkauan anak - anak. Karena racun yang terkandung dalam tumbuhan tersebut dapat menyebabkan kematian pada anak - anak hanya dalam waktu kurang dari satu menit jika sampai tertelan, dan pada orang dewasa racun tersebut hanya membutuhkan waktu kurang dari lima belas menit untuk mebunuh.

Demikian artikel singkat ini semoga membuat kita selalu waspada, sebarkan jika informasi ini berguna dan dapat membantu kita menaggulangi sesuatu yang tidak kita inginkan.

bb

0 komentar:

Post a Comment

 
Top