Dimasa lampau tembikar menjadi salah satu komuditas yang sangat di banggakan di nusantara, Pada jaman kerajaan kerajaan kuno tembikar menjadi salah satu perabot yang sangat populer dan berharga. Dan seiring kemajuan jaman yang semakin pesat, Di masa masa modernisasi akhirnya tembikarpun harus rela di gusur peradaban. Sekarang sudah jarang sekali kita temui pengrajin tembikar yang masih mejalankan produksinya. Karena mulai tahun 90-an keberadaan tembikar sudah tergusur dengan bahan baku modern yang lebih menarik dengan pengerjaan yang tidak terlalu lama dan cenderug membutuhkan sedikit biaya untuk memproduksinya. Ya pada zaman baru - baru ini tembikar kerajinan tangan yang berbahan baku tanah liat ini harus rela tersingkir dengan kehadiran bahan - bahan sintetis seperti fiber silicon dan lilin, meskipun dari segi kualitas tembikar jauh lebih baik jika di bandingkan dengan bahan - bahan sintetis lainya, namun secara penampilan keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, karena pada dasarnya tembikar hanyalah barang hiasan yang sangat jarang di aplikasikan di dalam kehidupan sehari - hari.

Tak lain halnya dengan gerabah yang juga merupakan kerajinan berbahan baku tanah liat. Gerabahpun kini sudah banyak di tinggalkan penggunanya, Meskipun masih ada juga bebrapa orang yang sampai saat ini masih menggunakan gerabah dalam kegiatan rumah tangganya sehari -hari. Lalu apakah ada bedanya antara Gerabah dan Tembikar ? tentu saja Gerabah dan Tembikar adalah dua hal yang berbeda meskipun sama karya seni berbahan baku tanah liat.

Perbedaan gerabah dan tembikar menurut kamus besar bahasa indonesia ( KBBI ) adalah :
  • Tembikar 
Merupakan karya seni atau hand made dengan bahan baku tanah liat, namun secara funsional tembikar merupakan barang mewah yang pada masanya hanya di gunakan sebagai dekorasi, kalaupun ada yang memnggunakanya dalam kegiatan sehari - hari hanyalah terbatas pada keluarga terpandang atau mempunyai silsilah ningrat. Secara fisik tembikar jauh lebih halus dan memiliki nilai seni yang tinggi dimana sering di jumpai pernah pernik serta ukiran - ukiran yang indah pada tembikar. Selain itu tembikar seringkali di balut atau di lapisi dengan bahan lain agar penampilanya lebih mengkilat dan mempunyai nilai tersendiri. Salah satu contoh tembikar adalah guci, gelas, mangkuk, fas bunga, hiasan dinding dan lain lain ang lebih berhubungan dengan hiasan rumah.
  • Gerabah
Gerabah sebenranya tidak jauh beda dengan dengan tembikar, sama - sama kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat yang di keringkan dan kemudian di bakar sampai matang kemerahan, Namun Gerabah lebih di kenal sebagai kerajinan tangan dari tanah yang berfungsi sebagai peralatan dapur. Gerabah juga di produksi alakadanya, tanpa ada pernak pernik kusus dan tanpa di lapisi bahan lain, Salah satu contoh gerabah ialah seperti tungku, kuali, kendil, kendi dan lain lain.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top