Source : Google gambar
Memanfaatkan botol bekas untuk memperindah taman di halaman samping rumah kita, Seperti yang terjadi saat ini banyak seklai minuman - minuman menggunakan kemasan botol yang terbuat dari bahan yang kurang ramah lingkungan, Sehingga kita sebagai konsumen harus di tuntut untuk lebih bijaksana dan kreatif untuk melakukan tindakan yang tepat untuk bahan bekas yang kurang ramah linkungan seperti botol bekas air mineral dan sejenisnya.

Dan pada kesempatan kali ini kita ingin berbagi ide yang mungkin berguna bagi anda semua yang saat ini mempunya banyak sekali tumbukan botol kosong yang tidak terpakai. apa lagi botol - botol tersebut bisa di bilang tidak mempunyai nilai ekonomi yang berarti, justru lebih banyak nilai negatifnya jika kita kurang bijak dlam mengolah dan menggunakan botol - botol tersebut. Maka dari itu mari kita coba memanfaatkan barang bekas tersebut sebagai media untuk memperindah dan mempercantik dinding samping halaman rumah kita. Kita dapat menyebutnya sebagai taman vertikal, Karena yang akan kita bahas ini adalah memanfaatkan botol bekas untuk membuat taman vertikal yang akan kita taruh pada dinding atau pagar samping halaman rumah kita. Lalu bagai mana cara membuat taman vertikal dari botol bekas tersebut ?, silahkan simak penjelasan singkat di bawah ini.

Cara membuat taman vertikal dari botol bekas :
  • Siapkan botol - botol bekas yang sudah tidak terpakai, kemudian lubangi bagian badan botol dengan ukuran lubang sesuai kebutuhan saja , lihat gambar 1, Lubangi dengan membentuk U dengan cutter. Kenapa harus berbentuk U ? karena kita akan menggunakan sisa potongan sebagai gantungan di dinding. Jadi sisa potongan jangan di potong.

  • Lubangi bagian bawah badan botol, ini berfungsi untuk membuang sisa - sisa air yang berlebihan agar tanaman tidak mati tergenang atau terlalu banyak air. Lihat gambar 2. lubagi juga bagian sisa potongan U yag berfungsi sebagai gantungan.

  • Jika sudh selesi tahap satu dan dua, sekarang kita siapakan median tanamnya, brupa tanaha dan pupuk kandang dengan komposisi 1 : 1, Berikan sedikit air dan sekarang kita gatung botol -botol yang sudah berubah wujud menjadi pt tersebut di dinding pagar samping rumah kita. Gantungkan dengan cara memakukanya di tembok secara rapi dengan jarak atas bawah lebih kurang 30cm dan kiri kanan 10cm. Lihat gambar 3

Di dalam pot pot botol tersebut dapat kita tanam bunga seperti anggrek dn lain - lainya, dapat juga di tanami jenis sayuran seperti seledri, bawang dan tanaman tanaman lain yang dapat hidup tanpa menggunakan media yang banyak. Demikian semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk menggunakan botol bekas yang selama hanya menumpuk menjadi barang yang memenuhi ruangan di lingkungan kita.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top